IDF-MUI Jalin Kerjasama Dengan Berbagai Lembaga Keuangan Syariah

Jakarta РPotensi zakat di Indonesia sangat besar, mencapai Rp 285 triliun, Namun, dari potensi sebesar itu, yang berhasil dihimpun melalui lembaga yang ada, baru sekitar dua persen. Oleh karena itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) merasa terpanggil untuk ikut bergerak menghimpun dana masyarakat,  terutama setelah melihat donasi yang dihimpun sangat sedikit dari potensi yang ada dengan membentuk Islamic Development Fund MUI (IDF-MUI) pada 29 Juni 2016 di Jakarta.

IDF-MUI atau Dana Pembangunan Umat MUI, pada 4 Agustus 2016 di Balai Kartini Jakarta, bertepatan dengan Tasyakur Milad yang ke-41 MUI. Melalui IDF-MUI ini, diharapkan dapat dihimpun dana zakat, infaq dan shadaqah dari berbagai kalangan yang kemudian digunakan untuk membangun kemandirian umat dan mewujudkan kesejahteraan bangsa.

Sebagai langkah awal, pada acara tersebut, IDF-MUI melakukan penandatanganan kerja sama dengan berbagai pihak. Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Ketua IDF-MUI, Lukmanul Hakim dengan sejumlah lembaga keuangan syariah, antara lain Bank BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri, Bank BNI Syariah, dan Bank Mega Syariah, serta dengan  jaringan bisnis ritel TransMart Carrefour dan Restoran Solaria.

Penandatanganan kerja sama antara IDF-MUI dengan lembaga keuangan syariah dan bisnis ritel ini, merupakan bukti komitmen awal untuk secara bersama-sama menggalang dana demi meningkatkan pemberdayaan ekonomi dan kemandirian umat. (www.halalmui.org)

 

Posted in News.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *