Rayakan Milad ke-41, MUI Resmikan Islamic Development Fund

Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) memasuki usia ke 41 tahunnya. MUI tak hanya sebagai wadah para ulama dan cendikiawan muslim serta lembaga mitra pemerintah.

Menyambut, perayaan Milad MUI diresmikan juga pendirian Islamic Development Fund MUI (IDF-MUI) atau Dana Pembangunan Umat MUI. Turut hadir tokoh nasional seperti Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Ketua DPR RI Ade Komarudin, Ketua Mahkamah Konstitusi Arief Hidayat serta ketua KPK Agus Rahardjo.

“Di usia 41 tahun, MUI sudah banyak melakukan program dan kegiatan yang bersifat perkhidmatan kepada umat Islam dan kemitraan dengan pemerintah. Karena itulah MUI membentuk Islamic Developmet Fund (IDF) yang akan memberikan peluang dari hambatan serta kendala pelaksanaan MUI yang berkhidmat kepada umat dan pemerintah,” ucap Ketua MUI Ma’aruf Amin di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (4/8/2016).

Menurut Ma’aruf, pembentukan IDF merupakan bentuk kerjasama antar lembaga keuangan syariah untuk bersama-sama menggalang dana demi meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Seperti diketahui, potensi zakat di Indonesia sangat besar, namun potensi itu baru bisa dihimpun lembaga yang ada sekitar dua persen saja. Oleh karena itu MUI terpanggil untuk tergerak untuk menghimpun dana masyarakat yang nantinya akan digunakan untuk masyarakat,” jelas Ma’aruf.

Dalam tasyakur Milad ke 41, MUI akan melakukan penandatangan pendirian kerjasama IDF-MUI dengan sejumlah lembaga keuangan syariah serta jaringan bisnis ritel. Peresmian itu pun nantinya akan diresmikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. (www.detik.com)

Posted in News.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *