Raker IDF MUI, Menggali Potensi Umat

Jakarta – Bertempat di hotel Lumire, Jakarta Pusat pada hari ini (06/03) Islamic Dakwah Fund Majelis Ulama Indonesia (IDF MUI) melaksanakan Rapat Kerja (Raker) pertamanya. Raker ini dibuka oleh Sekretaris Jenderal MUI, Dr. H. Anwar Abbas yang dihadiri oleh Ketua IDF MUI, Dr. Lukmanul Hakim dan pimpinan harian serta komisi MUI.

Raker IDF MUI ini membahas beberapa perkembangan aktual keagamaan, sosial, ekonomi, pendidikan dan produk halal. “Sektor tersebut merupakan sektor potensial yang bisa mendukung kemandirian umat Islam di Indonesia,” ujar Sekjen MUI, Dr. Anwar Abbas.

“IDF MUI diharapkan dapat menjadi tulang punggung program-program MUI khususnya di bidang dakwah dan ekonomi umat. Melalui penggalangan dana di masyarakat melalui Infaq, Shodaqoh serta wakaf yang transparan dan kredibel. Nantinya dana ini juga akan dipergunakan untuk kepentingan umat dengan cara memajukan kemandirian umat Islam dibidang ekonomi dan pendidikan misalnya melalui program pendampingan usaha umat Islam dan beasiswa kader ulama, ” ujar Anwar Abbas dalam sambutannya.

Ketua IDF MUI, Lukmanul Hakim dalam sambutannya sangat optimis IDF MUI dapat memberikan peran di masyarakat sebagai lembaga potensi umat yang besar. Tidak hanya memberikan manfaat bagi MUI namun juga bagi masyarakat umum melalui program-program dakwah, ekonomi, sosial dan pendidikan.

“Ke depan IDF MUI akan menjadi pusat penggalangan kader ulama, inkubasi bisnis UMKM serta pusat penggalang potensi ekonomi umat Islam di Indonesia,” ujar Lukmanul Hakim.

IDF MUI sendiri memiliki beberapa program unggulan yakni :

  1. Melindungi Harkat dan Martabat Umat Islam
  2. Pengiriman Da’I ke daerah Perbatasan dan Minoritas
  3. Kampanye Kesadaran dan Pemberdayaan Produk Halal
  4. Penanggulangan Krisis Aqidah
  5. Meningkatkan Literasi Keuangan Syariah
  6. Pendampingan Usaha Dhuafa
  7. Beasiswa Kader Ulama

(AH)

Posted in Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *